Archive for November 2011

Ujian Tengah Semester MARCOMM


.

Merk :    YOYO

Mengapa saya mengambil Merk atau nama produk game console mobile ini adalah YOYO. Karena saya berharap game console mobile ini selalu berada digenggaman para konsumen, sama seperti permainan YOYO. 
Yo-yo dimainkan dengan mengaitkan ujung bebas tali pada jari tengah, memegang yo-yo, dan melemparkannya ke bawah dengan gerakan yang mulus.. Dengan menggerakkan pergelangan tangan, yo-yo dapat dikembalikan ke tangan pemain, di mana tali akan kembali tergulung, dan yo-yo berada dalam genggaman tangan lagi.
Pemilihan kata YOYO sangat memenuhi kriteria suatu merk pada produk, yaitu mudah diingat, bermakna, disukai, , simple, fleksibel, dan lintas budaya.


Penetapan Market (Segmentasi & Targeting)

Segmentasi
  • Demografis:
    1. Anak-anak, remaja / pelajar usia 7 – 18 tahun, mahasiswa usia 19 - 21 tahun,
    2. laki-laki dan perempuan
    3. YOYO merupakan produk untuk kalangan menengah atas, dengan harga yang terjangkau
  • Psikografis: 
    1. Pencinta  game
    2. Orang yang membutuhkan hiburan
    3. Pencinta gadget
    4. Mencintai produk dalam negeri
    5. Mencintai karya anak indonesia
    6. Menganggap Internet sebagai suatu kebutuhan
    7. Menyukai tantangan
    8. Senang dengan hal-hal baru
  • Geographic  
    1. Seluruh wilayah Indonesia
      (direncanakan juga, hingga Go Internasional)
       

Targeting 
      Target utama game console mobile YOYO adalah orang-orang pecinta game, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja, bahkan dewasa.
Untuk memperkenalkan game console mobile YOYO ini, kami sering mengadakan launcing-launcing di mall-mall di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, Lampung, Makassar.

Positioning Produk
        GAME CONSOLE MOBILE ber-merk YOYO ini merupakan sebuah produk baru buatan local (Indonesia). Yang telah memenuhi kriteria permintaan pasar . Kelebihan dari produk ini adalah kemampuan online jaringan secara wireless, sehingga memberikan tantangan lebih kepada para pemakainya.
YOYO siap bersaing dengan game console buatan jepang.
Dan yang paling menarik dari game console mobile ini , aplikasi game yang sebanyak 76 game adalah produk anak bangsa yang 50% nya adalah game berbasis 3D.
Harga jual dari game console mobile ini tidak lebih dari Rp 1.000.000,-


Penetapan Ekuitas Merk yang Dibangun
Brand Awareness:
Produk YOYO ini pasti sangat awareness dibenak konsumen karena memiliki nama yang unik serta berbeda dari yang lain.
Produk game console mobile YOYO mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan produk lain yang sejenisnya. Kelebihan yang ada tersebut antara lain fitur wireless, menyediakan 76 game karya anak bangsa yang 50 % nya adalah game berbasis 3D, dan hargapun relatif terjangkau.
Berbagai brand game console mobile yang banyak beredar di pasaran antara lain PSP, Nintendo Wii, X-Box,Nintendo DSi, dan sebagainya.

Perceived Quality
produk ini mampu online jaringan secara wireless dengan 76 aplikasi game nya merupakan  produk anak bangsa  berbasis 3D. Kualitas yang sangat terjamin dan bagus dari game concole mobile lainnya. Selain itu untuk membangun kualitas agar tetap nomor satu, game console mobile ini menggunakan softwere dan bahan terbaik asli dari Indonesia.

Brand Association
Agar Brand ini selalu ada di benak masyarakat, YOYO akan membuat sebuah acara launcing besar-besaran di setiap mall-mall besar. Dan mengadakan lomba game online.

Brand Loyality
Agar pelanggan merasa bangga dan puas menggunakan YOYO . game console mobile YOYO ini akan selalu menjaga kualitasnya, dengan meggunakan bahan-bahan terbaik asli Indonesia. Dan untuk game-nya  selalu menomersatukan hasil karya anak-anak bangsa.

kekuatan brand equity meliputi 7 indikator:

Leadership : Dengan kehadiran YOYO yang merupakan produk asli Indonesia, dapat membuat penggunanya bangga dengan memainkan game karya anak bangsa. Apalgi dengan adanya fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh produk game console mobile lainnya, dan harga yang bersahabat, sehingga siapapun bisa memilikinya .

Stability : YOYO telah menyediakan fitur fitur canggih dan menarik yaitu game berbasis 3D, online wireles, dan 76 game kreasi anak bangsa. Sehingga pengguna YOYO merasa bangga dan puas dengan meggunakan produk buatan asli Indonesia.

Market : Dengan Merk “YOYO” , menjadikan pendatang baru di game console mobile ini mudah diingat oleh konsumen. Walaupun YOYO ini pendatang baru, tetapi ia dapat memenuhi semua keinginan pasar , dengan hadirnya fitur-fitur yang baru dan menarik, sehingga menjadikan produk local ini sangat berkualitas.
YOYO diyakini sudah siap untuk mengalahkan para pesaing dengan produk ternama buatan Jepang.

Internationality  : YOYO merupakan produk Indonesia yang pasti akan Go Internasional. Dengan hadirnya game console mobile YOYO ini, semua orang dapat merasakan fitur-fitur dan game-game fantastic buatan anak bangsa Indonesia.

Trend : Merk adalah sesuatu yang penting dalam Industri. Produk YOYO ini pasti akan selalu memberikan fitur-fitur yang menarik dan game-gamebaru  sesuai perkembangan zaman. Serta menampilkan desai-desain baru untuk setiap produknya. Sehingga YOYO akan selalu menjadi game console mobile nomer 1 di Indonesia, bahkan di kancah Internasional.

Support : Promosi dalam suatu brand equity itu sangat penting. Karena itu YOYO akan bekerjasama dengan perusahaan komponen teknologi yang ternama. Dan juga bekerja sama dengan media-media promosi yang ada , seperti majalah, TV dll.

Protection : Merk YOYO tersebut memiliki legalitas. YOYO adalah produk dari perusahaan yang legal dan sudah memiliki perizinan yang sah.
Semua yang ada pada game console mobile YOYO, merupakn asli dari Indonesia.
Mulai dari Merk , desain produk, bahkan fitur dan game–game yang ada di dalam produk YOYO.








.
.
.
.
.
.
Sekian Hasil dari penjabaran game console mobile YOYO .
semoga bermanfaat buat semua pembaca yaaa :)